Umrah tanpa Riba

Definisi Umrah ialah berkunjung ke Baitullah untuk melaksanakan Thawaf, Sa’i dan Tahallul. Ibadah ini dilaksanakan kapan saja tanpa ada batasan seberapa kali dalam berkunjung, berbeda dengan Haji yang setiap tahunnya hanya bisa sekali untuk dilaksanakan yaitu tanggal 8 Dzulhijjah hingga 12 Dzulhijjah. Sebagai salah satu negara yang memiliki penduduk beragama muslim terbesar di dunia, Indonesia merupakan negara terbesar dalam mengirim warganya untuk melakukan ibadah ke tanah suci baik itu ibadah haji ataupun umrah.

Sekarang, penduduk Indonesia bisa dengan mudah mendaftar atau melakukan perjalan yang mudah dengan menggunakan jasa travel. Jasa travel ini sangat memudahkan kita agar setiap ibadah kita menjadi lebih muda. Selain itu, keuntungan menggunakan travel kita tidak usah pusing mencari tempat tinggal, akomodasi dan lain sebagainya. Dibalik mudahnya kita memakai jasa travel, tahukah Anda ? Bahwa sebenarnya masih banyak sekali jasa travel yang sering sekali menggunakan sistem yang dilarang dan tidak boleh beroperasi.Yup, maksud diatas ialah Umrah yang memakai sistem hutang. Umrah dengan cara seperti ini sebenarnya sangat dilarang oleh Islam.
Memang awalnya sangat mudah, namun balik lagi dari kemudahan itu kita malah terjerat yang namanya Riba. Riba sendiri merupakan sesuatu yang haram ketika kita sebagai penawar, penikmat maupun pihak kedua, kita akan dapat dosanya. Beberapa travel di Tanah Air yang menawarkan paket umrah dengan harga amat murah. Harga yang ditawarkan biasanya tidak rasional dan tidak mungkin menutup semua biaya kebutuhan selama di Tanah Suci. Sangat dianjurkan untuk menjauhi Travel yang seperti ini.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ لاَ تَأْكُلُواْ الرِّبَا أَضْعَافاً مُّضَاعَفَةً وَاتَّقُواْ اللّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ . وَاتَّقُواْ النَّارَ الَّتِي أُعِدَّتْ لِلْكَافِرِينَ
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan. Peliharalah dirimu dari api neraka, yang disediakan untuk orang-orang yang kafir.” (Qs. Ali Imron [3]: 130)

Semoga kita semua jauh dari hal-hal yang merugikan diri kita sendiri ya.

Tapi jangan khawatir, Anda harus tahu tips menabung ini jika Anda ingin sekali pergi umrah atau Haji TANPA riba. Insyaallah berkahnya malah semakin-makin banyak.
Ya, Anda bisa melakukan menabung dengan sistem celengan ayam. Kalau dipikir-pikir cara nabung seperti ini sangat manjur, terbukti dari banyak berbagai kisah yang berhasil naik haji dengan menabung di celengan ayam. Kita jadi bisa mengatur dan menahan nafsu seberapa banyak yang telah kita tabung, karena kalau misalnya kita mau tahu berapa jumlahnya atau ambil uangnya pasti akan susah, karena celengan ayam ini terbuat dari tanah liat. Yang pasti akan susah kalau mau diambil kan.

Yuk Nabung! Ka’bbah sudah menunggu

Respond For " Umrah tanpa Riba "